Cara Menanam Hidroponik Dengan Botol Bekas

cara-menanam-hidroponik-dengan-botol-bekas

Tips Bertanam Hidroponik di Rumah – Hidroponik adalah sistem penanaman Sayuran atau buah yang tidak menggunakan media tanah melainkan mengguakan sistem hidro atau menggunakan media air yang dicampur dengan nutrisi khusus untuk tanaman hidroponik. Belakang ini semakin dikenal oleh banyak kalangan mengenai sistem bercocok tanam dengan media air atau HIDROPONIK. Nah so pasti anda yang sedang membaca artikel ini pasti lagi mencari cara bertanam dengan sistem hidroponik di rumah bukan ?. Menanam hidroponik di rumah memang cukup mudah, tidak usah pake media media hidroponik yang mahal dulu, gunakan media daur ulang atau media-media yang tidak terpakai untuk disulap jadi KIT Hidroponik, misalkan botol botol bekas pun bisa disulap jadi media untuk menanam sayur atau buah secara hidroponik.

Botol air mineral ukuran 600 ml
Rockwool (salah satu media tanam untuk hidroponik, bisa beli di toko pertanian atau online) – Bisa diganti sama dacron, busa bekas jok kursi, gulungan kapas, atau kain flanel yang digulung.
Kain flanel / sumbu kompor / kain yang menyerap air
Cara membuat botol untuk media tanam hidroponik
Potong botol air mineral menjadi 2 bagian (lihat gambar)

Lubangi bagian atas leher botol di dua sisi dengan solder atau paku yang dipanasi . Masukan kain flanel yang sudah dipotong memanjang melalui dua lubang tadi

Pasang terbalik bagian atas botol ke bagian bawah botol (lihat gambar). Media tanam hidroponik sederhana sudah siap digunakan.
Tapi tunggu, botol di atas belum akan kita gunakan saat ini. Yang harus kita lakukan sekarang adalah menyemai benih tanamannya terlebih dahulu. Karena itu, siapkan benih-benih yang akan kita tanam. Untuk latihan menanam hidroponik, sebaiknya dimulai dengan tanaman sayuran. Sayuran lebih mudah ditanam
Contoh benih sawi/caisim tosakan dan selada bokor yang saya miliki
Saat ini, benih/bibit tanaman banyak sekali dijual online. Kalau di sekitar anda tidak ada toko pertanian yang menjual benih tanaman, anda bisa membelinya online. Saya biasa membeli benihnya di sini, sini, dan sini. Kalau mau googling, akan ada ratusan penjual benih online. Anda bisa menyesuaikan pembelian dengan lokasi seller yang terdekat dengan kota anda.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s