Tahap Penanaman Tomat Setelah Pemindahan Bibit Tomat

Sebelumnya bibit dipindahkan, sediakan media tanam serta polybag. Isi polybag itu dengan tanah, arang sekam, serta kompos dengan perbandingan 2 : 1 : 1. Untuk lebih detailnya saksikan langkah bikin media tanam untuk polybag.

Ada dua langkah menanam tomat dari tempat persemaian kedalam polybag. Awal, memindahkan bibit dengan dicabut. Langkahnya, siram persemaian dengan air supaya media tanam jadi lunak. Lantas cabut tanaman dengan hati-hati jangan pernah akar tanaman putus atau rusak. Lalu masukan tanaman itu dengan cara tegak lurus pada lubang tanam yang ada pada polybag. Posisi akar mesti tegak lurus jangan pernah bengkok atau terlipat. Atur kedalaman lubang tanam sesuai sama panjang akar.

Ke-2, memindahkan bibit dengan diputar. Langkahnya tanaman tomat diangkat dengan media yang ada di sekelilingnya. Untuk bibit dari bedengan, cungkil tanaman sedalam 10 cm dengan sekop atau tangan. Lalu angkat serta pindahkan tersebut dengan tanahnya.

Untuk bibit dalam polybag semai, sobek atau tarik plastik polybag semai lalu dipindahkan bersama tanahnya dalam polybag yang semakin besar. Polybag semai dari plastik dapat digunakan berkali-kali.

Pemeliharaan serta perawatan

Pemeliharaan tanaman tomat dalam polybag atau pot relatif gampang. Kesehatan tanaman lebih lebih termonitor lantaran terlepas dari penularan penyakit melalui akar. Jagalah supaya media tanam tidaklah terlalu kering. Siram sekurang-kurangnya 2 kali satu hari, namun janganlah sangat basah untuk hindari busuk akar.

Siangi gulma yang ada dalam polybag dengan teratur. Jika ada tanaman yang layu atau mati, cabut selekasnya serta buang media tanamnya supaya tak menulari tanaman lain. Perawatan lain yang dibutuhkan yaitu pemangkasan tunas serta pemberian ajir sebagai penopang tanaman.

Pupuk tanaman sesudah 1 minggu dengan kompos sejumlah satu genggam untuk tiap-tiap polybag. Kerjakan menambahkan pupuk kompos tiap-tiap bln., atau apabila tampak tanaman kurang subur. Apabila tanaman bakal berbuah dapat ditambahkan pupuk buah atau pupuk organik cair.

Hama serta peyakit tanaman tomat agak banyak. Apabila tampak ada serangan hama, ambillah hama itu dengan cara manual. Buang daun atau batang yang rusak terserang hama. Penyemprotan sebaiknya dikerjakan jika betul-betul dibutuhkan. Supaya lebih aman untuk kesehatan serta lingkungan pakai pestisida organik yang lebih alami. Silakan baca langkah bikin pestisida organik.

Pemanenan

Tanaman tomat dalam polybag telah dapat dipanen sesudah 3 bln., bergantung dari varietasnya. Persyaratan buah tomat yang siap dipanen yaitu yang beralih warna dari hijau ke kuning-kuningan atau pinggir daun tampak kering serta batang menguning. Pemetikan dikerjakan pada buah yang sudah masak saja.

Buah tomat tak masak dengan cara serentak. Kerjakan pemetikan tiap-tiap 2-3 hari sekali, janganlah sangat rapat untuk hindari rusaknya tanaman. Saat pemetikan yang terbaik pagi serta sore hari, saat cahaya matahari tidaklah terlalu terik. Sekian uraian singkat tenang langkah menanam tomat dalam polybag.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s